Pages

Follovers

Translate

Minggu, 21 Oktober 2012

Cara Mengingat Pembelajaran Dengan Cepat

Pernah mengalami sulitnya menghafal pelajaran, di baca berulang ulang tapi masih lupa.? Atau mungkin teman-teman pernah mencari solusinya di google dengan memasukan kata kunci seperti ini :

Cara belajar, Belajar cepat, Panduan belajar, Belajar efektif, Strategi belajar, tips belajar, Tehnik belajar, Cara cepat belajar, Cara belajar bahasa, Cara mudah belajar, Cara belajar efektif, Cara belajar yang, Belajar yang baik. Jika ia inilah jawabanya :

yaitu tehnik super memory dengan menggunakan tehnik anatomi, berikut adalah contohnya :

Untuk mengetahui bagaimana tehnik ini bekerja, sebelumnya silahkan Teman-teman Hafalkan daftar kata berikut secara berurutan hanya dengan membacanya sekali saja. :

Jarum
pulpen
Anggur
Biscuit
Tisu
Gergaji
Balon
Selang
Ayam
Api
lilin
Pistol
Gallon
Ular
Kopi
Paku
Koin
Akar




Jika Teman-teman sudah selesai selanjutnya, coba ingat kembali daftar kata yang Teman-teman ingat dengan berurut. Berapa kata yang mampu Teman-teman ingat.?

Cara mudah untuk mengingat daftar kata diatas adalah dengan menggunakan fungsi kedua belah otak Teman-teman, yaitu otak kiri dan otak kanan. Salah satu fungsi otak kiri yang akan kita gunakan adalah “Urutan” sedangkan fungsi otak kanan adalah “Imaginasi”. Dan menggunakan ketiga gaya belajar, yaitu visual (penglihatan) audiovisual (pendengaran) kinestetik (gerakan atau perasaan).

Kemudian menggunakan satu prinsip memori lagi yaitu mengkaitkan sesuatu yang baru dengan dengan sesuatu yang lama yang sudah kita tau dengan imajinasi. Dalam tehnik Anatomi ini, sesuai dengan namanya kita akan menggunakan angota badan kita atau bagian dari tubuh kita. Sebagai sesuatu yang sudah kita tau.

Mari kita mulai, Ikuti semua langkah-langkah ini dengan benar :

  1. Peganglah rambut Teman-teman kemudian bayangkan setiap helai rambut Teman-teman menjadi jarum. Kemudian katakan sampai Teman-teman mendengar suara Teman-teman sendiri “ini adalah jarum”
  2. Sentuh dua titik di kepala Teman-teman dengan jari Teman-teman, kemudian bayangkan dan katakan “disinis tumbuh tanduk dari pulpen”
  3. Kedipkan mata Teman-teman, bayangkan dan katakan “bola mata saya dari buah anggur”
  4. Pegang telinga Teman-teman kemudian bayangkan dan katakan “ini adalah biscuit”
  5. Pencet hidung Teman-teman bayangkan dan katakan “saya menutup lubangnya dengan tisu”
  6. Gerakan gigi Teman-teman, bayangkan dan katakan “gigi saya setajam gergaji”
  7. Kembungkan pipi Teman-teman, bayangkan dan katakan “ini adalah balon”
  8. Pegang tenggorokan Teman-teman, bayangkan dan katakan “ini adalah selang”
  9. Gerakkan pundak Teman-teman, bayangkan dan katakan “di sini ada ayam yang hinggap”
  10. Pegang lengan Teman-teman, bayangkan dan katakan “lengan ini hangus terbakar api”
  11. Gerakkan jari Teman-teman, bayangkan dan katakan “jari ini adalah lilin”
  12. Todongkan jari telunjuk Teman-teman kearah kepala Teman-teman
  13. bayangkan dan katakan “ini adalah pistol, Dorr..”
  14. Pegang perut Teman-teman, bayangkan dan katakan “ini adalah sebuah gallon”
  15. Pegang pinggang Teman-teman, bayangkan dan katakan” saya dililit ular”
  16. Pegang pusat Teman-teman, bayangkan dan katakan “pusat ini bocor dan mengeluarkan air kopi”
  17. Pegang kedua lutut Teman-teman, bayangkan dan katakan “lutut ini tertusuk paku”
  18. Pegang mata kaki Teman-teman, bayangkan dan katakan “disini tertempel koin”
  19. Gerakkan jari-jari kaki Teman-teman, bayangkan dan katakan “jari-jari ini memanjang dan tumbuh menjadi akar”

Sekarang saatnya Teman-teman menghafalnya satu persatu-satu dengan cara menggerakan atau memegang secara berurut anggota badan Teman-teman, yang tadi Teman-teman gunakan, mulailah memegang rambut Teman-teman hingga menggerakan jari-jari kaki Teman-teman. Pada saat yang bersamaan ingatlah setiap kata yang tadi Teman-teman kaitkan. Dan tulis di bawah ini berapa yang Teman-teman ingat, bandingkan dengan sebelumnya, ketika Teman-teman belum menggunakan tehnik ini, :
Menggunakan tehnik Anatomi dalam pelajaran biologi :
Ciri-ciri virus adalah sebagai berikut :
• Merupakan mikro organisme dengan ukuran 20-300 milimikron
• Sebagai mahluk hidup sekaligus benda mati
• Dapat berkembang biak dengan menduplikasi diri
• Susunan tubuhnya adalah Protein dan ARN/ADN
• Hanya dapat hidup pada medium hidup (sel hidup)
• Bentuknya bulat,oval,memanjang,batang, dan bentuk T

Menggunakan tehnik anatomi untuk mengingat ciri-ciri virus :
• Kepala, pegang, bayangkan dan katakan kepala Teman-teman mengecil hingga 20-300 milimikron, mengingatkan Teman-teman pada ukuran virus
• Pundak, pegang, bayangkan dan katakan dipundak kanan Teman-teman ada burung yang masih hidup terjangkit virus dan di pundak kiri Teman-teman ada burung mainan yang juga terjangkit virus, ini memgintakan Teman-teman bahwa virus adalah mahluk hidup dan benda mati
• Tangan, pegang, bayangkan dan katakan. tangan Teman-teman menduplikasi menjadi 4, mengingatkan Teman-teman pada perkembang biakan virus dengan menduplikasi diri
• Dada, pegang, bayangkan, dan katakan di dada Teman-teman ada banyak jerawat karena terlalu banyak Protein. Mengingatkan Teman-teman pada susunan tubuh virus
• Perut, pegang, bayangkan dan katakan di perut Teman-teman ada tulisan ADN/ARN, Mengingatkan Teman-teman pada susunan tubuh virus
• Pinggang, pegang, bayangkan dan katakan di pinggan Teman-teman ada ular yang sudah terinfeksi virus dan masih hidup, mengingatkan Teman-teman bahwa virus hanya hidup pada medium hidup
• Jari kaki,pegang, bayangkan, dan katakana, jari-jari kaki Teman-teman berbentuk sbb
Jempol : menjadi bulat, jari telunjuk kaki : oval, jari tengah Teman-teman menjadi sangat panjang, jari manis kaki Teman-teman : jari kelingking kaki Teman-teman : berbentuk T. ini mengigatkan Teman-teman pada bentuk-bentuk virus
Sekarang tanpa melihat kembali, tuliskan berapa banyak cirri-ciri virus yang Teman-teman ingat.?
Hasilnya pasti memuaskan, tehnik ini hanya sebagian kecil dari apa yang saya dapatkan tentang cara belajar cepat.., masih ada 13 tehnik mengingat lagi, ada juga cara membaca dengan sengat cepat, cara mencatat dengan kedua belah otak, semua ini saya tidak dapatkan di sekolah…,

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Blogroll

About